Konsistensi

Mengembangkan suatu produk membutuhkan konsistensi. Itu pasti. Konsistensi dibutuhkan karena mengembangkan sesuatu yang belum pernah ada bukanlah hal yang mudah.

“Tidak ada pil pintar”, itu salah satu pesan yang saya terima ketika masih bekerja sebagai engineer dibawah bimbingan pak Pribadi. Pengembangan adalah suatu proses yang berkesinambungan. Terus menerus dilakukan dengan konsisten. Mungkin pada awalnya, dari beberapa produk pengembangan hanya satu atau dua yang berhasil. Jangan menyerah, karena pengembangan yang terjadi tidak berupa produk tetapi justru kemampuan diri. Mengasah diri.

Dengan seiring waktu, konsistensi serta pengalaman bertambah. Pada kondisi matang, justru keadaan berbalik. Dari satu ide dasar, muncul beberapa produk baru. Itulah hasil kematangan serta konsistensi pengembangan produk. Pada tahap awal adalah pembiasaan pola berfikir dan konsistensi, and the rest will follow.

Ide atau kreativitas muncul karena pola berfikir yang terstruktur dalam menganalisa keadaan atau permasalahan. Sederhananya, kenali business process sebelumnya, kenali permasalahan yang dihadapi. Dengan mengenalnya berarti we almost win the war.

Semoga industri dalam negeri makin berkibar di nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *