Konsep Lego Dalam Membangun Sistem

Dalam beberapa minggu ini disibukkan dengan berbagai permintaan membangun aplikasi untuk smartphone istilahnya mobile apps. Beragam pola yang diminta, kalau dilihat sepintas seperti aplikasi yang berbeda-beda tapi ternyata hampir sama.

Perbedaan yang menyolok adalah mengenai tampilan, gui, graphical user interface. Ini hal yang paling lama menyita waktu, maklum menyangkut selera.

Perbedaan yang kedua adalah bagaimana cara untuk mengirim data ke aplikasi, push data. Bisa lewat OS atau pakai cara polling. Hampir semua permintaan menyatakan silahkan dipilih, bebas, yang terbaik saja.

Perbedaan yang ketiga adalah apakah data yang dikirim perlu dienkripsi. Jawaban yang didapat beda-beda. Artinya ya terserah. Biasanya kalau aplikasi yang ‘medsos’ tidak perlu, kalau menyangkut data sensitif ya harus.

Perbedaan yang keempat adalah bagaimana menangani data yang ada di aplikasi. Ini user biasanya angkat tangan, terserah, asal aman. Jadi pilihan terbaik adalah dibuat sesedikit mungkin data ada di aplikasi, sebanyak mungkin disimpan di server.

Kalau keempat hal tersebut sudah terdefinisikan, maka makin mudah untuk mengimplementasikan aplikasi tersebut. Jadi usahakan keempat hal tersebut didefinisikan sejelas mungkin dan jangan lupa tambahkan perencanaan yang baik.

Untuk mempercepat waktu pengembangan, ketiga hal terakhir dilakukan bersamaan sambil diskusi dengan user mengenai gui. Biasanya gui terdefinisikan, yang lainnya juga sudah selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *